Multimedia memudahkan perusahaan melakukan merger dan aliansi, berkantor
dari rumah, home shopping, bisnis dan iklan, penerbitan elektronik, proses belajar
mengajar, serta rekayasa ulang perusahaan, hingg multimedia sebagai alat pasar
massa.
Banyak perusahaan melakukan merger atau aliansi dengan perusahaan lainnya,
bahkan dengan pesaingnya. Seperti Microsoft dengan NBC network menciptakan
MSNBC.com
Multimedia juga mengubah tempat kerja, telecommuting atau teleworking
memungkinkan karyawan dapat bekerja dirumah, di jalan , di komputer yang
tersambung dengan komputer kerja karyawan. Selain mengurangi kepadatan lalu
lintas, juga menurunkan pemakaian bahan bakar dan mengurangi polusi udara.
Microsoft menyediakan perangkat telecommuting yang baik.
Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke
toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan
dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home
shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.
Multimedia juga mengubah wajah bisnis. Dengan multimedia, perusahaan
menciptakan nilai yang diharapkan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan
perusahaan dalam operasinya. Tahun Contohnya nokia, yaitu membuat dan menjual
telepon selular dan akhirnya mendapat keuntungan dari penjualan secara online.
Online shopping dan online banking kini menciptakan suatu masyarakat tanpa
kasir dengan menghapus kebutuhan uang cetak.
Multimedia menjadikan pasar pialang menjadi lebih dinamis. Internet melayani
provider untuk mendatangi undangan secara otomatis untuk melakukan penawaran.
Hal ini menjadikan pasar pialang online ikut mempengaruhi pertumbuhan sektor
jasa keuangan dengan aset yang diproyeksikan berkembang dari 415 miliar dolar
tahun 1998 menjadi 3 triliun dolar pada tahun 2003 (NUA Internet Service).
Pialang online memberi jalan bagi orang kebanyakan untuk melakukan pembelian
saham online daripada melakukan pembelian saham melalui pialang saham
tradisional.
Iklan internet mendefinisikan ulang arti dari iklan. Iklan internet merupakan
media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau sejumlah
besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi layanan
web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga kita
dapat menonton televisi tanpa membayar. Pada tahun 1998, para pengiklan
menghabiskan 1.9 billion dolar untuk beriklan di internet, melampaui biaya yang
dikeluarkan untuk iklan outdoor yang diperkirakan 1.6 billion dolar pada tahun
yang sama(Internet Index, 5/31/1999)
Multimedia mengubah cara kita membaca koran dengan menghapus kebutuhan akan
kertas dengan menawarkan keunggulan multimedia, termasuk penelusuran full-teks,
grafik, audio dan video. Menurut Kesley Group, lebih dari 2700 surat kabar
mencoba penerbitan elektronis ini, sedangkan pada tahun 1989 hanya 42 surat
kabar.
Penerbitan elektronis juga berdampak pada industri pendidikan. Banyak Sekolah
mulai menginvestasikan anggaran buku kedalam teknologi multimedia. Misalnya
dengan melengkapi komputer di perpustakaan dapat mengakses internet.
Internet bersaing dengan televisi memperebutkan waktu luang masyarakat. Banyak
lembaga survai yang mengatakan lebih banyak waktu yang dihabiskan pengguna
internet untuk melakukan surfing di internet dari pada waktu yang dihabiskan
untuk menonton televisi.
No comments:
Post a Comment