Tumbuhnya industri online di Indonesia
membuat perusahaan-perusahaan online dan startup asal Indonesia mulai aktif di
ajang inovasi web dan aplikasi mobile, termasuk yang berskala internasional.
Salah satu di antaranya adalah turnamen inovasi web dan aplikasi mobile yang
diselenggarakan oleh komunitas E27 asal Singapura, bertajuk 'Asia's Top 50
Apps'. Turnamen ini bertujuan untuk mencari situs dan aplikasi mobile paling
kreatif dalam hal inovasi teknologi, bisnis dan desain, yang diikuti oleh
peserta di tingkat Asia.
Di ajang tersebut, beberapa perusahaan online dan startup online asal Indonesia
turut dinominasikan. Mulai dari startup yang namanya jarang terdengar, hingga
perusahaan-perusahaan online ternama.
Dari pantauan VIVAnews, di antara sekitar 150-an peserta turnamen banyak juga
yang berasal dari Indonesia. Beberapa di antaranya adalah situs online ternama
seperti Kaskus, Koprol, Tokobagus, atau startup yang sudah tak asing, seperti
Tokopedia, Urbanesia. atau KrazyMarket.
Selain itu, ada pula startup-startup Indonesia lainnya, seperti Tuitwit, BukuQ,
Gantibaju, Lewatmana, Ngaturduit, i-klan store, Kayakarya, Gamelan, Scraplr,
MyBabyTree, Movreak, Newsachormac, Adadiskon, Goorme, Brosurku, eEvent, Flusr,
Kulacak, MainMusik, dan Doocu.
Panitia memberi kesempatan kepada para pengguna internet untuk memilih aplikasi
kesayangan mereka di situs resmi e27 hingga 31 Agustus 2010. Dari hasil voting,
nantinya akan dipilih 50 aplikasi mobile atau situs web yang mendapat suara
terbanyak, yang akan diumumkan pada 1 September 2010.
Dari 50 peserta pilihan, panitia akan memilih 10 terbaik, yang dipilih oleh tim
juri beranggotakan para ahli. 10 pemenang akan berkesempatan untuk bekerjasama
dengan operator telekomunikasi di negaranya yang berada di bawah kelompok
Singtel. Mereka juga diberi kesempatan untuk tampil pada acara Accelerate 2010
yang diselenggarakan pada 22 -23 2010 di Singapura.
Tokobagus.com, sebagai salah satu nominator dari Indonesia, sepertinya tak mau
menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka langsung menggelar kampanye di situs
Tokobagus maupun di laman Facebook resminya untuk menggalang suara.
No comments:
Post a Comment